PRINSIP DIDAKTIK- METODIK PKR

Prinsip- prinsip pelaksanaan PKR terdiri dari:

  1. Prinsip Didaktik yaitu ilmu mengajar dan berkenaan tentang bagaiman menerapkan teori dan konsep psikologi, sosiologi, komunikasi dan dari ilmu lain yang sesuai dalam upaya membimbing dan menciptakan situasi belajar. Pada dasarnya didaktik merupakan ilmu terapan atau ilmu pendidikan praktis.
  2. Prinsip metodik yaitu cara atau strategi mengajar yang berkenaan dengan penataan urtan kegiatan pembelajaran, mulai dari bagaimana mengawali, mengisi kegiatan inti dan mengakhiri pelajaran.

Berikut beberapa urtan kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam mengawali pelajaran

  1. Menarik perhatian siswa

Contohnya antara lain: a). memperlihatkan benda, alat dan gambar, b). memberi aba- aba perhatian dan salam pembuka dan c). membunyikan sesuatu seperti peluit.

  1. Menimbulkan motivasi

Contohnya antara lain: a). kehangatan dan semangat ( warmth dan enthusiasm ), b). rasa penasaran atau ingin tahu  siswa ( curiosity ), c). ide yang bertetangan ( conflicting/ controversial ideas ) dan d). minat siswa yaitunrasa tertarik pada sesuatu.

  1. Memberi acuan belajar

Contohnya antara lain : a). tujuan dan batas- batas tugas, b). langkah yang akan ditempuh atau strategi instruksional, c). masalah pokok sebagai pusat perhatian serta d). pertanyaan pemicu belajar.

  1. Membuat kaitan/ jalinan konseptual

Contohnya antara lain : a). Penyampaian pertanyaan apersepsi dan b) perangkuman materi pelajaran yang lalu.

Lalu bagaimana cara mengakhiri sebuah pembelajaran ? cara yang bisa ditempuh dalam kegiatan mengakhiri pembelajaran antara lain:

  1. Meninjau kembali materi yang telah dibahas
  2. Mengadakan evaluasi penguasaan siswa, meliputi : a). mendemonstrasikan ketrampilan, b). menerapkan ide baru pada situasi lain, c). mengemukakan pendapat sendiri dan d). mengerjakan soal- soal secara tertulis.
  3. Memberikan tindak lanjut, artinya guru memberikan jembatan materi dan pengalaman baru dengan pengalaman yang akan datang. Cara memberikan tindak lanjut adalah memberi PR, merancang sesuatu dan mengkomunikasikan sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s