PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP ( PKR ): HAKIKAT dan MODELNYA

Pembelajaran Kelas Rangkap ( PKR ) merupakan suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam saat yang sama dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda.

PKR ini sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan mengingat beberapa alasan. Adapun alasan dibutuhkannya PKR dalam pembelajaran di sekolah sebagai berikut :

  1. Alasan geografis, meliputi keterbatasan transportasi, pemukiman penduduk yang berpindah- pindah mengakibatkan pelaksanaan PKR.
  2. Alasan demografis, meliputi pemukiman penduduk yang jarang sehingga memungkinkan terlaksananya PKR.
  3. Kurang guru mendorong pelaksanaan PKR karena gurulah yang menjadi agen perubhan di sekolah, sehingga apabil.a jumlah guru kurang apalagi di daerah terpencil maka guru yang ada di sekolah tersebut harus merangkap kelasnya.
  4. Terbatasnya ruang kelas. Keterbatasan ruang kelas mengharuskan anak didik diajar atau dididik dalam satu ruangan meskipun dengan berbagai kelemahan, misalnya gaduh bila guru tidak bisa mengelola kelas dengan baik.
  5. Adanya guru yang tidak hadir. Guru diwajibkan setiap hari melaksanakan tugasnya di sekolah, namun apabila suatu saat ada guru yang tidak hadir maka guru yang hadir harus mengisi kelas yang ditinggalkan temannya tersebut. Ketidak hadiran guru bisa disebabkan karena bencana alam, maupun alasan kesehatan.
  6. Alasan lainnya

Dalam pelaksanaan pembelajaran model PKR ini sebenarnya mempunyai tujuan, fungsi dan manfaat, antara lain:

  1. Quantity dan Equity
  2. Ekonomis, artinya dengan PKR maka dapat menghemat tanggungan pemerintah.
  3. Pedagogis, artinya PKR berfungsi mendidik para siswa agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.
  4. Keamanan , artinya mudah dijangkau oleh para siswa.

Sementara itu prinsip pelaksanaan PKR meliputi prinsip umum dan prinsip khusus.

  1. Prinsip umum meliputi prinsip perbedaan kemampuan individual murid yang harus diperhatikan guru, membangkitkan motivasi belajar murid, belajar hanya terjadi jika murid aktif.
  2. Prinsip khusus, meliputi :
  3. Keserempakan kegiatan pembelajaran
  4. Kadar tinggi waktu keaktifan akademik ( WKA )
  5. Kontak psikologis guru dan murid yang berkelanjutan
  6. Dalam PKR, terjadi pemanfaatn sumber secara efisien
  7. Membiasakan murid untuk mandiri.

Keberhasilan pembelajaran kelas rangkap tentunya tidak lepas dari peran guru PKR. Nah, sebagai guru PKR peranannya meliputi

  1. Sebagai perancang kurikulum, hal ini bukan berarti guru membuat kurikulum yang melelnceng dari kurikulum yang berlaku. Guru tetap berpijak pada kurikulum yang berlaku dengana memberikan penekanan materi yang sesuai dengan keadaan daerahnya.
  2. Sebagai administrator, yaitu mengelola kelas dengan baik, tidak hanya menyiapkan administrasi pembelajaran seperti prota, promes, RPP.
  3. Sebagai sumber informasi yang kreatif, artinya guru harus belajar terus agar selalu mendapat informasi yang kraetif dan mengikuti perkembangan zaman.
  4. Sebagai seorang profesional, artinya guru bersikap professional layaknya profesi lain yang menuntut kemampuan sesuai dengan bidang profesi sebagi guru.
  5. Sebagai agen pembawa perubahan, artinya guru harus bisa mengarahkan para siswa menuju kemajuan yang bermakna, tidak hanya mengajar ilmu tetapi juga memberikan didikan yang positif kepada para siswa.

Sehubungan dengan pelaksanaan PKR, maka ada beberapa hal yang menjadi criteria bahwa sebuah proses pembelajaran dikatakan baik. Menurut Karweit, proses pembelajaran yang baik ditandai:

  1. Sebagian terbesar dari waktu yang tersedia benar- benar digunakan untuk belajar siswa
  2. Kualitas pembelajaran guru sangat memadai
  3. Sebagian terbesar atau seluruh siswa terlibat secara akti dalam kegiatan belajar.

Untuk pelaksanaan pembelajaran PKR terdiri dari model utama ( PKR Murni ) dan Model PKR Alternatif. PKR Murni adalah model pembelajaran kelas rangkap yang terdiri dari 2 kelas 2 mapel 1 ruangan. Sedangkan model PKR Alternatif sangat beragam alternatifnya, misal:

PKR 222 : 2 kelas, 2 mapel 2 ruangan

PKR 333 : 3 kelas 3 mapel 3 ruangan

PKR 331 : 3 kelas, 3 mapel 1 ruangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s