Abstrak Karilku di UT tahun 2014

Saat ini saya ketengahkan Abstrak dari karya ilmiah dan PKP yang telah saya unggah di UT Pusat pada tahun 2014 yang lalu. Namun karya ilmiah atau PKP yang lengkap belum dapat saya sajikan pada blos ini. Abstrak saya ini juga saya posting di zahrotulmujahidah.blogspot.com.

PENINGKATAN PEMAHAMAN NILAI PENINGGALAN SEJARAH

SITUS GONDANG MELALUI PENDEKATAN KARYA WISATA

SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BRANJANG KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

Oleh :

Zahrotul Mujahidah

822429432

jora5074@gmail.com

ABSTRAK

Pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang terhadap nilai peninggalan sejarah sangat memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil capaian siswa ketika mengerjakan soal yang berkaitan dengan peninggalan sejarah Trowulan. Dari 18 siswa yang nilainya di atas KKM adalah 5 siswa. KKM yang ditentukan dalam Kurikulum 2013 adalah 66-70. Untuk mengatasi kurangnya pemahaman nilai peninggalan sejarah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul maka peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan karya wisata di Situs Gondang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang menggunakan observasi tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dibantu oleh Ibu Inti Sukawati, S.Pd.I selaku teman sejawat. Siklus I dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014 dengan pencapaian nilai di atas KKM adalah 33% dari seluruh siswa. Sedangkan penelitian Siklus II dilaksanakan pada hari Senin, 25 Agustus 2014.

Hasil perolehan nilai siswa yang di atas KKM pada siklus kedua meningkat menjadi 94% dari seluruh siswa. Melihat hasil perolehan nilai pada dua siklus tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang meningkat melalui pendekatan karya wisata di Situs Gondang Karangmojo Gunungkidul.

Peneliti memberikan saran agar guru sebaiknya lebih banyak menerapkan pendekatan karya wisata peninggalan sejarah di sekitar untuk materi yang berkaitan dengan materi sejarah. Selain itu, peneliti juga memberikan saran kepada siswa lebih peka terhadap peninggalan sejarah yang ada di sekitar sekolah maupun lingkup daerah lain.

Kata kunci : pemahaman, peninggalan sejarah, karya wisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s