Mata Pelajaran Sejarah Masa Pra Kemerdekaan

Pada tahun 1940an pemerintah kolonial Belanda sudah mengadakan suatu pendidikan kesejarahan dengan didirikannya fakultas sastra dan filsafat dengan program studi filiologi, kesusastraan, arkeologi dan sejarah. Jika kita lihat sekilas maka ada kesan bahwa pemerintah kolonial Belanda ingin meningkatkan pengetahuan terutama dalam bidang sejarah. Namun jika dicermati usaha tersebut hanyalah merupakan upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi eksploitasi kolonialisme.

System pendidikan sejarah pra-kemerdekaan disusun menurut kebutuhan dari pihak penjajah. Pada masa Belanda berkuasa maka ada dua unsur pelajaran yang berpengaruh kuat yaitu sejarah Hindia Belanda dan pengantar bahasa Belanda. Hal ini tentu saja tidak lepas dari usaha- usaha Belanda untuk semakin memperkuat kedudukannya di Indonesia.

Pada masa pendudukan Jepang, studi tentang sejarah tetap dikembangkan. Pada masa itu ada dua fakultas yang merujuk pada bidang kesejarahan yaitu Fakultas Sosial dan Fakultas Humaniora. Saat itu program studi sejarah memang masih samar- samar.

Tujuan kurikulum sejarah pada masa pra-kemerdekaan adalah menanamkan rasa takut pada pemerintah penjajah. Pada masa itu guru merupakan bagian vital hirarki pendidikan kolonial, maka harus memiliki sikap mental colonial atau subordinatif.
Jika guru-guru yang ada sangat merujuk pada kepentingan Belanda atau Jepang maka sejarah yang diajarkan kepada peserta didik pun akan focus pada sejarah penjajah pula. Oleh karena itu pemikiran- pemikiran ke arah kepentingan Belanda pada siswa- siswa masih kental karena didoktrin sejarah- sejarah Belanda atau istilahnya sejarah yang Belanda sentries.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s