Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia dan Terbentuknya Kekuasaan Kolonial di Indonesia

Bangsa Eropa yang mempelopori kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia adalah Portugis dan Spanyol. Bangsa Eropa tersebut datang ke Indonesia dengan semboyan Gold, Glory dan Gospel.
Gold adalah kekayaan; Glory adalah kejayaan dan Gospel adalah ktab suci, artinya menyebarkan agama. Kedatangan dua bangsa tersebut kemudian diikuti oleh Belanda, Perancis dan Inggris

Penjelajahan Samudera
Bangsa Portugis merupakan negara Eropa pertama yang berusaha mencari jalan laut untuk ke dunia timur. Penjelajah yang berasal dari Portugis antara lain Bartholomeus Diaz, Vasco da Gama dan Alfonso d’Albuquerque. Selain itu bangsa Spanyol pun melakukan hal serupa. Penjelajah asal Spanyol antara lain Christophorus Columbus, Ferdinand de Magelhaens, Amerigo Vespuci dan Yuan Sebastan del Cano.

Kolonialisme Portugis
Kedatangan Alfonso d’Albuquerque di Malaka mengawali kolonialisme di Indonesia dengan penguasaan Malaka pada tahun 1511. Satu tahun kemudian armada Portugis sampai di Maluku dengan dipimpin Antonio d’Abrea. Antonio melaksanakan monopoli perdagangan rempah- remapah di Maluku. Tahun 1513 Portugis mendirikan pabrik- pabrik di Ternate dan Bacan serta mendirikan benteng pertahanan yang diberi nama benteng Sao Paolo. Kolonialisme di Maluku dipimpin oleh Antonio sendiri.

Kemudian tahun 1521 Spanyol tiba di Maluku dengan tujuan yang sama denan Portugis. Terjadilah persaingan antara Portugis dan Spanyol. Untuk melaksanakan tujuannya kedua bangsa tersebut memanfaatkan situasi yang berlangsung yaitu persangan antara Ternate dan Tidore. Spanyol membantu Tidore, sedangkan Portugis membantu Ternate.

Tetapi Ternate dan Tidore akhirnya bersatu membantu Portugs untuk mengalahkan Spanyol. Perseteruan tersebut diakhiri dengan perjanjian Saragosa tahun 1529 di mana Spanyol harus meninggalkan Maluku dan menuju Filipina; sedangkan Portugis tetap berada di Maluku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s