TUGAS, FUNGSI DAN MANFAAT MUSEUM

A. TUGAS MUSEUM
Museum memiliki beberapa tugas antara lain
1. Pengumpulan artinya mengumpulksn benda- benda dan setelah benda- benda dikumpulkan maka harus ditangani secara khusus sehingga dalam proses pengumpulan layak menjadi suatu benda koleksi.
Benda- benda yang dikoleksi/ dikumpulkan adalah semua jenis benda bukti material budaya manusia dan alam dan lingkungannya yang mempunyai nilai bagi pembinaan/ pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan.
Adapun cara pengumpulan benda- benda koleksi misalnya melalui proses penemuan, pembeian, hibah, titipan dan benda sitaan.
2. Pemeliharaan dan perawatan
Perawatan adalah cara menjaga agar koleksi benda museum tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh suhu, kelembaban, jamur, serangga dan akibat mikroorganisme lainnya. Dalam perawatan koleksi museum maka diperlukan ahli dalam hal kelembaban suhu dan pencahayaan terutama kualitas ultraviolet untuk koleksi yang bersangkutan.
3. Aspek penelitian, artinya museum memiliki tugas agar koleksi museum dapat “berbicara” kepada pengunjung, sehingga memotivasi orang-orang yang berkompeten untuk melakukan penelitian.
4. Pengkomunikasian / pemanfaatan
Setelah benda-benda dikumpulkan maka dipelihara , dirawat, diteliti dan perlu dikomunikasikan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan, misalnya pameran, lokakayra, ceramah, seminar, diskusi, festival, dll.

B. FUNGSI MUSEUM
Dari definisi ICOM, pengertian dan fungsi museum adalah :
1. Pengumpulan dan pengamanan warisan alam dan budaya
2. Dokumentasi dan penelitian ilmiah
3. Konservasi dan preservasi. Konservasi artinya perlindungan, perawatan, pemeliharaan, dll. Sedangkan preservasi artinya pencegahan sebelum ada perlindungan, perawatan, dll.
4. Penyebaran dan pemerataan ilmu untuk umum
5. Pengenalan dan penghayatan kesenian
6. Pengenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa
7. Visualisasi warisan alam dan budaya
8. Cermin pertumbuhan peradaban manusia
9. Pembangkit rasa bertakwa dan bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
10. Mempertebal jati diri dan identitas bangsa

C. MANFAAT MUSEUM
1. Edukatif artinya dari kegiatan kunjungan wisata ke museum maka para pengunjung bertambah pengetahuannya terutama tentang hal- hal yang berkaitan dengan benda- benda yang dipamerkan di museum.
2. Inovatif artinya dengan mengunjungi museum maka seseorang akan mampu menemukan ide baru sehingga bisa menghasilkan karya- karya baru.
3. Imajinatif artinya dengan mengunjungi museum maka bisa mendorong seseorang untuk menumbuhkan jiwa seni terhadap benda- benda yang dikoleksi museum, misalnya benda koleksi museum dijadikan obyek lukisan bagi pelukis.
4. Rekreatif. Manfaat yang terakhir ini merupakan manfaat kunjungan ke museum bagi orang- orang awam. Dalam hal ini pengunjung merasa senag denan melihat koleksi- koleksi museum.

catatan :
Tulisan ini bersumber dari bahan materi kuliah Permuseuman Pendidikan Sejarah UNY tanggal 28 Februari 2001 dan 7 Maret 2001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s