Legenda Lembu Sura : Misteri Gunung Kelud

Gunung Kelud yang meletus tanggal 13 Februari 2014 tengah malam, mengingatkan pada legenda Lembu Sura. Dikisahkan, Raja Brawijaya yang berkuasa saat itu mempunyai putri cantik rupawan yang bernama Dyah Ayu Pusparani. Sang raja lalu membuka sayembara mencarikan pendamping hidup bagi putrinya itu. Tujuannya agar putrinya tersebut mendapatkan jodoh yang sepadan dengan kedudukannya. Salah satu peserta sayembara itu ialah Lembu Sura. Lembu Sura bukanlah manusia biasa. Lembu Sura memiliki fisik manusia berkepala lembu (kerbau). Dia mempunyai kekuatan tangguh.Tentu saja Dyah Ayu tak berminat dengan Lembu Sura. Namun, baik Raja Brawijaya maupun Dyah Ayu tak berani mengatakan langsung penolakan lamaran Lembu Sura itu. Akhirnya, dibuatkan semacam syarat yang tak lain adalah akal-akalan Raja dan sang putri menolak Lembu Sura.
Dyah Ayu bersedia menerima tawaran Lembu Sura dengan syarat apabila Lembu Sura berhasil membuat sumur di puncak Gunung Kelud dalam waktu semalam. Syarat yang diajukan itu langsung disanggupi Lembu Sura. Dia terus menggali sumur di puncak Kelud. Tentu saja dengan kekuatan yang dimilikinya itu, syarat sang putri mudah dilakukan oleh Lembu Sura.
Menjelang pagi, sumur itu pun hampir jadi. Giliran sang putri dan Raja Brawijaya panik. Akhirnya mereka berdua mengirim prajurit dan menimbun Lembu Sura yang masih berada di dalam sumur.
Satu per satu batu-batu besar dijatuhkan menimbun Lembu Sura di dalam sumur. Saat itu, Lembu Sura telah berkali-kali meminta tolong namun teriakannya tak digubris hingga akhirnya dia mengeluarkan kutukan dan sumpah serapahnya.
Lembu Sura berjanji setiap dua windu dia akan merusak kerajaan Raja Brawijaya. “Yoh, Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping-kaping, yaiku Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, lan Tulungagung dadi kedung”
Yang artinya tak lain “Orang-orang Kediri suatu saat pasti akan mendapat balasanku. Kediri akan menjadi sungai, Blitar akan menjadi daratan dan Tulunggagung jadi daerah perairan dalam.”

tulisan yang sama bisa dilihat di blog saya yang lain di http://zahrotul_mujahidah.guru-indonesia.net/artikel_detail-50313.html

sumber bacaan : http://www.solopos.com/2014/02/15/misteri-gunung-kelud-kutukan-lembu-sura-dan-erupsi-kelud-489912

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s