BAHAN AJAR IPS EKONOMI KELAS VII SEM 2

KEGIATAN POKOK EKONOMI

KONSUMSI

  • Konsumsi adalah kegiatan menggunakan/ mengurangi nilai guna barang / jasa
  • Orang yang menggunakan /mengurangi nilaiguna barang disebut konsumen.
  • Tujuan konsumsi : mencapai kepuasan maksimal
  • Konsumsi antara satu orang dengan orang lain berbeda, hal ini dipengaruhi oleh :

–          Usia

–          Jenis kelamin

–          Agama

–          Tingkat prndidikan

–          Jumlah anggota keluarga

–          Gaya hidup

–          Harga barang

–          Kebudayaan, dll.

  • Kadangkala seseorang melakukan kegiatan konsumsi tapi pendapatan nol. Konsumsi ini disebut  konsumsi otonomus

PRODUKSI

  • Produksi : kegiatan menghasilkan /menambah nilaiguna barang
  • Produsen : orang yang melakukan kegiatan menambah nilai guna barang/ membuat barang/ jasa.
  • Nilai guna barang terdiri dari :

–          Nilai guna karena bentuk ( form utility)

–          Nilaigunakarena tempat ( place utility)

–          Nilai guna karena waktu ( time utility)

–          Nilaiguna karena pemilikan ( ownership utility)

  • Sektor- sektor produksi :

–          Sektor produksi primer

–          Sektor produksi sekunder

–          Sektor produksi tersier

–          Sektor produksi publik

–          Sektor produksi swasta

–          Sektor produksi konsumsi

–          Sektor produksi investasi

  • Faktor- faktor produksi:

–          Sumber daya alam

–          Tenaga kerja ; a. tenaga kerja terdidik

b. tenaga kerja terlatih

c. tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih

–          Modal ;  a. berdasar wujud : modal uang dan barang

b. berdasar pemakaian : modal tetap dan modal lancar

c. berdasar asal : modal pribadi dan modal swasta

–          Kewirausahaan ; sifat : selalu mencari peluang, ulet, memegang  janji, berorientasi pada kualitas dan efisiensi, berani mengambil resiko, mampu menentukan tujuan, mampu membuat perencanaan, informasi,meyakinkan dan mengatur pekerja dan percaya diri.

  • Peningkatan jumlah dan mutu barang dan jasa
  1. Pertambahan jumlah penduduk
  2. Kemajuan peradaban atau kebudayaan
  3. Intensifikasi : meningkatkan jumlah dan mutu barang/ jasa tanpa menambah faktor-faktor produksi.
  4. Ekstensifikasi  : meningkatkan jumlah dan mutu barang/ jasa dengan menambah faktor-faktor produksi.

DISTRIBUSI

  • Distribusi:  kegiatan menyalurkan / memasarkan barang / jasa dari produsen ke konsumen
  • Distributor : orang yang melakukan kegiatan penyaluran barang/ jasa dari produsen ke konsumen
  • Sasaran distribusi : konsumen
  • Lembaga-lembaga/perantara  distribusi
  1. Pedagang                    : a. pedagang kecil/ pengecer

b. pedagang besar

2. Perantara khusus     : a. agen  balas jasanya berupa  komisi

b. makelar  balas jasanya berupa  provisi

c. komisioner  balas jasanya berupa komisi

3. Eksportir dan importir : a. eksportir

b. importir

  • Saluran- saluran distribusi

Produsen, konsumen

Produsen , pengecer,  konsumen

Produsen, pedagang besar,  pengecer, konsumen

Produsen,agen,pedagang besar,pengecer,konsumen

  • Hal-hal yang mempengaruhi saluran distribusi
  1. Sifat barang; tahan lama atau tidak
  2. Luas daerah pemasaran
  3. Jumlah barang yang dihasilkan
  4. Sarana komunikasi dan angkutan yang tersedia
  5. Biaya pengangkutan
  • Jangkauan distribusi :
  1. Setempat/ lokal
  2. Nasional
  3. Internasional

PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA

  • Perusahaan : tempat yang digunakan oleh produsen untuk melakukan kegiatan produksi
  • Jenis- jenis perusahaan:
  1. Ekstraktif ; perusahaan yang mengolah dan mengambil atau mengumpulkan hasil alam.
  2. Agraris ; perusahaan yang aktivitasnya menggunakan daya dukung berupa tanah.
  3. Industri ; perusahaan yang mengolah suatu barang menjadi barang lain yang lebih berguna.
  4. Perdagangan ; perusahaan yang melakukan pembelian barang kemudian menjualnya kembali tanpa mengolah barang tersebut
  5. Jasa ; perusahaan yang menghasilkan produk yang tidak berupa barang.
  • Hal yang harus diperhatikan untuk mendirikan perusahaan
  1. Letak strategis
  2. Fasilitas dan jaringan telekomunikasi mudah
  3. Tenaga kerja dan tempat pemasaran
  4. Faktor alam
  5. Faktor  sejarah
  6. Faktor alam
  7. Faktor ekonomi
  8. Faktor pemerintah
  • Badan usaha : kesatuan organisasi yang yuridis, terdiri dari modal dan tenaga, serta  bertujuan mencari keuntungan.
  • Jenis- jenis Badan usaha
  1. Badan usaha perseorangan : badan usaha yang dimiliki satu orang dan orang tersebut bertanggungjawab terhadap hutang badan usaha dengan jaminan seluruh harta miliknya.

Tugas : Sebutkan kelemahan dan kelebihan Badan Usaha Perseorangan

2. Firma : badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang yang bertanggungjawab penuh terhadap hutang firma dengan seluruh harta milik mereka.

Tugas : Sebutkan kelemahan dan kelebihan Firma

       3. Persekutuan Komanditer / Commanditaire Vennotschaap ( CV ) : badan usaha yang terdiri atas berberapa orang, dan yang seorang atau lebih hanya turut menenamkan modal sebagai pesero diam ( pesero pasif ).

Keanggotaan CV :

a. anggota aktif/ pesero aktif  bertanggung jawab penuh atas jalannya usaha dan tanggungan hutang.

b. anggota pasif/ peseropasif hanya menanamkan modal dan dapat menuntut modalnya kepada anggota aktif.

Tugas : Sebutkan kelemahan dan kelebihan Persekutuan Komanditer / CV

4. Perseroan Terbatas (PT) : persekutuan antara dua orang / lebih dengan modal yang diperoleh dari penjualan saham. Pemegang saham akan memperoleh pembagian laba yang berupa dividen.

PT terbagi menjadi PT Terbuka dan PT Tertutup. PT Terbuka memberi kesempatan kepada siapasaja untuk bisa memiliki saham. Sedangkan PT Tertutup kepemilikan saham bukan untuk sembarang orang.

Kelengkapan PT : Direksi PT, Dewan Komisaris, Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ).

Tugas : Sebutkan kelemahan dan kelebihan Perseroan Terbatas ( PT )

5. Koperasi : badan usaha yang beranggotakan orang –seorang atau badan hukum koperasi.

  • Kelengkapan koperasi : Rapat Anggota, Pengurus, Pengawas.
  • Prinsip koperasi ( pasal 5 UU no. 25 th. 1992 ) ; keanggotaan bersifat sukarela, pengelolaan dilakukan secara demokratis, pembagian SHU dilakukan secara adilsebandingdengan besarnyajasa usaha masing- masing, pemberian balas jasa terbatas terhadap modal serta kemandirian.
  • Tujuan koperasi ( pasal 3 UU no. 25 th.1992 ) ; memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat dan ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Modal koperasi :
  1. Modal sendiri : simpanan pokok, simpananwajib, dana cadangan dan hibah
  2. Modal pinjaman : pinjaman dari anggota, koperasi lain atau anggotanya, bank atau lembaga keuangan lain,penerbitan obligasi atau surat utang lain dan sumber lain yang sah.

       5. BUMN: badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh Negara kecuali jika ditentukan lain berdasarkan UU.

Nama- nama BUMN : PT Telkom, PT Indosat, PTVKrakatau Steel, PT Tambang Timah, PT Jasa Marga, PT PLN, PT Garuda Indonesia, PT KAI, PT Bank Nasional Indonesia ( BNI ), PT Pertamina, PT Dirgantara Indonesia.

Tugas Sebutkan lapangan usaha yang dikelola masing – masing BUMN !

KREATIFITAS DALAM KEGIATAN EKONOMI

Dalam berekonomi, pengusaha atau pelaku ekonomi harus kreatif dan mau melakukan inovasi. Kreatif artinya . inovasi artinya  bisa melakukan perubahan terhadap barang / jasa yang sudah ada sebelumnya.

Sebagai siswa bisa mulai berlatih melakukan kegiatan ekonomi secara sederhana dengan memanfaatkan barang- barang bekas yang ada di sekitarnya. Misalnya botol minuman mineral bekas, sedotan, bekas bungkus sabun detergen,kertas kardus, potongan kain sisa jahitan dan lain- lain.

PROFIL PENYUSUN

Nama                     : Zahrotul Mujahidah, S. Pd.

Riwayat Pendidikan         :

  1. SD Muhammadiyah Branjang lulus tahun 1994
  2. SLTP N 1 Karangmojo lulus tahun 1997
  3. SMU N 1 Wonosari lulus tahun 2000
  4. UNY Jurusan Pendidikan Sejarah lulus tahun 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s